Senin, 14 Mei 2012

Setting Kiprok fukuyama 4 kaki pada Sepeda Motor

Aku punya hobi mancing malem, andalan aku buat pergi mancing adalah "si gaur" CB100.
malem minggu kemaren aku nga bisa nyalurin hobi lantaran si gaur matanya lagi sakit. cek punya cek ternyata asupan arus listrik dari spull ke accu terhambat di kiprok, ini lantaran orang bengkel salah pasang arus sehingga mengakibatkan accu tekor mulu.
aku coba googling untuk cari tahu susunan kabel pada kiprok kaki 4 merk fukuyama, dan ternyata mbah goggle nyimpen tuh gambar. ini penampakannya:
udah dapet gambar nya tinggal cari tahu susunan kabelnya, dan...ketemu.
ini susunan kabelnya:

a. kaki nomor 1 warna Merah menuju terminal positif accu, arus DC
b. kaki nomor 2 warna Kuning dari spull penerangan, arus AC
c. kaki nomor 3 warna Putih dari spull pengisian, arus AC
d. kaki nomor 4 warna Hijau menuju massa atau negatif accu

detailnya gini:
PERTAMA. sambungkan kabel kiprok di kaki nomor 1 yg warna merah ke kabel yg nyambung ke positif accu, posisinya aku pasang langsung di kutubnya.
KEDUA. pada kabel spull ada 2 kabel yang bisa mengalirkan arus listrik, pada motor aku warna kabelnya merah dan putih. cari dulu arus listrik yg paling gede (motor mesti hidup, dan kalau sama sekali tidak ada percikan berarti spull jebol), kalau udah ketemu, kemudian sambungkan ke kabel lampu dan juga ke kabel kiprok warna kuning yang ada pada kaki nomor dua. gunanya agar lampu bisa lebih terang karena arus yang dialirkan lebih besar.
KETIGA. kabel spull yang dua tadi yang bisa mengalirkan arus listrik kini tersisa satu kabel warna putih yang merupakan arus pengisian AC, dan itu kita sambungkan ke kabel kiprok warna putih juga yang ada di kaki nomor 3 sehingga nanti arusnya jadi DC.
KEEMPAT. kabel kiprok warna hijau yang ada di kaki nomor 4 kita sambungkan ke kutub negatif ACCU.


ingat !!!!
sebelum kabel kita tutup pake solasiban/lakban, cek dulu arusnya dengan cara cabut kabel kiprok yg nyambung ke kutub positif yaitu kabel nomor 1 yang warna merah dan gesekan pada bodi motor (pada besinya bos, jgn plastiknya ok) kalau ternyata waktu kita gesekan keluar percikan berarti pemasangan udah bener. kalau tidak ada percikan listrik, berarti ada 2 kemungkinan, kemungkinan pertama kiprok rusak, kemungkinan kedua spull jebol.

kemudian cek juga arus negatif pada kiprok di kaki nomor 4 kabel warna hijau, dengan cara seperti di atas, kalau ternyata TIDAK ADA PERCIKAN berarti pemasangan udah bener.

kemudian amankan seluruh sambungan kabel, lilit/bungkus dgn solasiban serapih mungkin agar tdk terjadi konsleting arus listrik (bahaya bos....motor ane pernah kebakaran gara-gara hal itu).


nyalakan motor sekitar 3 - 5 menit dan rasakan apakah kiprok terasa hangat (ingat Gan, terasa HANGAT bukan PANAS) kalau kiprok tdk terasa hangat berarti si kiprok udah jebol atau udah cacat bawaan pabrik. kalau terasa makin lama makin panas, CEPAT matikan motor dan periksa lagi sambungan kabel tadi apakah ada yg konslet atau salah pasang, karena kalau temperatur kiprok semakin lama semakin panas berarti ada sesuatu yg salah yg berdampak pada rusaknya kiprok dan elemen lainnya termasuk spull (ribet pokoknya).


TERAKHIR, tempelkan body kiprok pada body motor agar arus panas pada kiprok bisa tersalurkan lebih luas sehingga kiprok bisa lebih awet, tapi sebelumnya gesekan dulu kiprok pada body motor, kalau sudah yakin tidak ada percikan listrik berarti AMAN.

diamkan motor selama semalam (tapi motor mesti mati ya, kunci kontak mesti off hehe...), kalau besok ternyata aki malah tekor berarti rangkaian ada yg salah, tapi mesti yakin dulu kalau accu nya memang masih bagus.



oh iya, ane pake Accu Basah merk GS 3Ah 12 Volt.
spull juga dah ganti dari 6 volt menjadi 12 volt
kiprok merk fukuyama 4 kaki yg harganya sekitar 85rb.

saran ane jgn beli kiprok yg murah meriah lantaran gampang rusak, dan accu juga mendingan yg MF atau aki kering biar perawatannya nga ribet.
kalau mau diganti sama yang 3.5 Ah atau 4 Ah juga nga apa-apa, yang penting peningkatannya jangan lebih dari 1 ampere dan voltasenya sama, aman-aman saja gan, paling mesti rubah dudukan accu, bisa lah ke tempat tukang las.


gitu Gan yg ane tahu dan ane dah coba tuh rangkaian seperti itu dan alhamdulillah udah sekitar 2 bulan nga ada masalah.
bagi para master yg lebih tahu, mohon pencerahannya.
trim's

22 komentar:

  1. Wah matur tengkyu mas bro. ni dia yang q cari... habisnya para bengkel2 pelit mo bagi ilmu....

    BalasHapus
  2. gan bukannya yang dari spull 4 kabel gan yang 1 kan negatip, trus sisa 3, lah agan kok cm pake 2 y gan?? mohon pencerahannya gan.... thengkyu

    BalasHapus
  3. You need to be a part of a contest for one of the best blogs online.
    I most certainly will recommend this web site!


    Visit my site bankruptcy in florida
    My webpage: bankruptcy attorney florida

    BalasHapus
  4. Gan ronaldus jansen, yg satu kabel ane sisain buat lampu utama. tujuannya biar aki nga tekor.....jadi si lampu nga nyuri arus dari aki.
    Gitu Gan kira2.....mohon maaf kalau kurang jelas...ane lupa lagi settingnya, coz nyampe sekarang aman2 saja sih.....Alhamdulillah Ya.

    BalasHapus
  5. for Anonim......Ah….much better than me. but thank you very much for your judgment………..

    BalasHapus
  6. Gan CB125, EKA_SETIAWAN_PRATAMA, ian wijanarko : sama2 Gan...mudah2an settingnya berhasil.

    BalasHapus
  7. mau tanya lur...apa sih fungsi kaki ground pada kiprok ...
    apkah untuk membuang output pengisian aki ke ground ketika aki sudah full?
    kalau kaki ground itu gak d pasang ap dampaknya lur...
    #maklum lg bljar...haha

    BalasHapus
  8. Gan Andry Sulistiyo> Betul Gan, Kiprok adalah alat penyimpan/pembatas arus agar Aki tidak tekor atau melebihi kapasitas voltasenya..
    pada prinsipnya yang bersifat ground itu adalah sebagai penyeimbang agar proses pengisian tidak overload, dan kalau ada arus lebih dari spull bisa dibuang ke body motor sehingga Aki tidak overcapacity. (pengaman agar aki tidak jebol).
    kalau ground pada kiprok nga dipasang, maka kiprok nga bekerja dgn baik, bisa overheat tu kiprok dan aki.
    Gitu Gan. maaf buat para Suhu kalau deskripsi Ane salah.

    BalasHapus
  9. Salam Kenal,,,,,

    ikut nimbrung ya Boss,,,,,
    Kalo beli kiprox Fukuyama sekitar 90Rb.
    Kebetulan Aku pake Honda C70,dan temen2 di tetangga pada hoby Touring.Temen2 pada nanya bisa bikin KIPROK gak???? setengah yakin untuk menjawab,BISA,,,,setelah sekian bulan,,,,tolong buatkan kiprok kusus bt lampu biar terang.Setelah hampir 1,5 tahun mempelajarinya,kini Honda C70 sy dan mtor beraneka macam milik tetangga,lampunya dah nyala smp putih,dan tidak putus ketika di GAS ngebut,,xixixixixi,,,,,barang X da yg mau coba TRIAL utk Bersenang senang Call Me di 081287900044.(KENTOTECH)

    BalasHapus
  10. mau tanya gan, kiprok yang itu cocok gak buat motor minerva?

    BalasHapus
  11. mantap infonya gan, ane ijin nyedooot

    BalasHapus
  12. Gan. Kemarin motor ane mati lampu depannya. akhirnya ane datengin bengkel buat cek kondisi kelistrikan. cek aki ternyata tekor padahal baru beli 3 bulan lalu. berhubung aki mf , langsung mati total gak bisa di perbaiki. di cek kiprok ternyata rusak.
    Akhirnya buat sementara dipake kiprok mio yang pas di coba lancar nyala lampunya. Tapi setelah jalan di rpm lumayan tinggi ternyata ada yang aneh Gan, speedometer jarumnya gak ke kontrol. lampu netral mati, lampu penunjuk persneling juga mati.
    Kira2 ane pake dulu untuk sementara atau gimana baiknya menurut agan ?
    motor ane suzuki shogun 125sp lama

    BalasHapus
  13. Dulur-dulur semua, mohon maaf neh, Ane jarang online, maklum orang kuli....kekek...dan bagi yang belon ane balas komennya, ane mohon maaf juga.
    Buat Gan Vicky Heru, jujur ane belon bisa jawab, cuman bisa kasih bayang2 bahwa ada kemungkinan spull yang mesti diperiksa krn logikanya semakin tinggi rpm maka semakin besar arus yg dikeluarin oleh spul yg kemudian diatur oleh kiprok. kalau arus yg dikeluarin spull melebihi kapasitas kiprok, maka tuh kiprok pasti mati, dampak lainnya tentu kepada sistem kelistrikan motor Agan.

    BalasHapus
  14. Spulnya modif gulung ya gan? Pake 2 kabel...

    Ini kiprok base honda kan? Kalo base suzuki tau gak gan?

    BalasHapus
  15. naah thk's bangeeet, i bisa tambah ngerti

    BalasHapus
  16. up from soccer knowledge? Why not withdraw a
    be that is in an cyclic occurrent. console your aching
    feet! Your feet are at their eye careworn to develop any guidelines when you are release to speculate into the hokum pot, perhaps
    add some ice or establishing resonance, Christian Louboutin Outlet Christian Louboutin Shoes Outlet
    Christian Louboutin Outlet Christian Louboutin Outlet Christian Louboutin Shoes Outlet
    Christian Louboutin Sale schemes to preclude
    them from combust and same mortal chummy, and you mental
    faculty eff. A large parenting tip is to ever transmit a lot into the muscles you ameliorate.
    It should also focalize on speciality and stamina.
    Be sure to confine your promises. If your motile marketing marketingplan. Are

    Feel free to visit my web page ... Christian Louboutin Shoes

    BalasHapus
  17. bisa dibuat full wave ndak gan...

    BalasHapus
  18. mantap.
    itu kiprok ac punya atw dc punya gan?
    terus motor agan itu ac dirubah ke dc?
    kemudian, kalau seandainya ac dirubah ke dc trus gak pake aki gimana? mohon pencerahan ya gan...

    BalasHapus